Tidak Usah Cemas Mengkonsumsi Sushi Mentah

 

Cerclerouge.org – Banyak yang mempercayai bahwa didalam sushi terdapat berbagai macam bakteri dan juga telur cacing. Karena sushi biasanya dihidangkan dalam keadaan masih mentah. Bakteri parasit yang terkandung dalam sushi mentah sering kali tertelan ketika mengkonsumsinya.

Bakteri parasit yang terkandung dalam sushi mentah biasanya adalah bakteri anisakiasis. Bakteri ini dapat menempel pada dinding esofagus, usus dan juga perut. Bakteri ini sebenarnya berasal dari cumi-cumi dan ikan yang masih mentah.

Bakteri parasit ini meskipun mampu menempel pada dinding tubuh tetapi tidak mampu bertahan pada kondisi asam seperti berada dalam lambung. Mereka tidak akan mampu bertahan melebihi 10 hari ketika berada di dalam tubuh manusia.

Namun, dalam jangka waktu tersebut merupakan waktu yang kurang aman karena bisa saja ketika sistem imun kita tidak baik akan mengganggu kesehatan. Tetapi tidak perlu khawatir karena tidak semua ikan mengandung bakteri parasit.

Tidak semua sushi mengandung bakteri parasit, tergantung bagiamna kita mengolahnya. Sushi yang dibuat oleh restoran yang ternama akan terjamin streril nya karena sebelum pembuatan sushi terlebih dahulu ikan dimasukkan pada freezer dengan suhu yang rendah. Sehingga bakteri yang ada pada ikan akan mati oleh suhu yang rendah tersebut. Penyimpanan ikan dalam freezer ini kurang lebih 15 jam.

Cara terbaik untuk membunuh bakteri parasit adalah dengan melalui proses pembekuan, selain dapat membunuh bakteri parasit proses ini juga akan membuat ikan akan terasa lebih lezat ketika disantap.