Pemicu Tumit Pecah-Pecah Dan Kering

 

Cerclerouge.org – Memiliki tumit yang pecah-pecah dan kasar memang sangat mengganggu. Ketika menggunakan sandal yang tidak tertutup akan mengurangi tingkat percaya diri dalam diri kita selain itu juga menyebabkan tidak enak untuk dipandang.

“Telapak kaki pecah-pecah hal biasa yang sering terjadi, dan ada beberapa alasan dibaliknya,” Kata dokter Rebecca Pruthi.

Tumit kaki yang kering dan pecah-pecah ebenarnya disebabkan oleh sel kulit mati yang tidakmengelupas, kemudian kulit terus meregenerasi kulit sehingga terjadi penumpukan sel kulit dan membuat kulit terasa kasar dan menebal.

“Secara alami, lapisan kulit akan berganti. Untuk membantu agar kulit mati lepas, saya sering menyarankan pasien untuk menggosok bagian telapak kaki dengan batu apung untuk membantu mengelupas sel kulit mati,” kata Rebecca.

Berikut ini beberapa penyebab tumit pecah-pecah dan kasar :

1. Infeksi jamur

Banyak kasus yang dialami oleh kebanyakan orang tumit pecah-pecah dan disertai rasa gatal karena infeksi jamur. Bila kaki terinfeksi jamur biasanya kuku kaki mudah terinfeksi pula.

2. Dehidrasi

Bila tubuh tidak tercukupi asupan cairan maka akan menjadikan tubuh mengalami dehidrasi termasuk tumit kaki menjadi pecah-pecah dan kering.

3. Menggunakan sepatu tidak nyaman

Ketika kalian menggunakan sepatu kekecilan atau kesempitan akan membuat tidak nyaman dirasakan dan membuat tumit tergesek dan bisa saja mengelupas kulitnya.