Pemberian Makanan Padat Bagi Anak

 

Cerclerouge.org – Ketika bayi berumur enam bulan lebih membutuhkan nutrisi tambahan yang tidak ada pada kandungan ASI. Oleh karena itu, bayi pada usia tersebut membutuhkan asupan makanan yang bernutrisi untuk mencukupi kebutuhan gizi sibayi.

Pemberian makanan padat yang benar bagi si bayi akan membantu dalam tumbuh kembang si bayi. Para ibu harus memperhatikan nutrisi yang terdapat pada makanan tambahan yang diberikan pada bayi, pemberian makanan padat juga bertahap sesuai dengan usia si bayi.

Ada studi yang menyarankan bagi bayi yang memiliki garis keturunan penyakit alergi sebaiknya hanya memberikan satu jenis makanan padat dalam sehari. Hal ini untuk mengetahui makanan mana yang dapat menimbulkan alergi pada bayi supaya dapat dihindari nantinya. Bagi bayi yang tidak memiliki riwayat penyakit alergi dari orang tua boleh mengkonsumsi makanan padat yang bervariasi sejak awal.

Kalian juga harus memperhatikan tekstur makanan padat yang kalian beripan pada si bayi. Kalian harus memberikan makanan padat secara bertahap mulai dari makanan yang bertekstur lembut.

Berikut ini tahapan makanan padat :

1. Makanan lumat

Makanan lumat ini diberikan pada tahap awal pemberian makanan tambahan pada si bayi karena makanan lumat ini lebih mudah dicerna oleh si bayi. Contoh makanan lumat misalnya kentang rebus, pisang, alpukat, pepaya dan lainnya.

2. Makanan lunak

Tahap berikutnya yaitu makanan lunak, biasanya makanan lunak ini berupa nasi tim saring. Kalian dapat membuat nasi tim saring dengan berbagai variasi makanan yang dicampurkan. Kalian harus memperhatikan kandungan gizi yang terkandung pada makanan lunak ini seperti protein, karbohidrat, dan serat. Kalian dapat menambahkan sayuran untuk memenuhi kebutuhan serat bagi si kecil misalnya brokoli. Kemudian untuk memenuhi kebutuhan protein kalian dapat menambahkan ikan.