Faktor Yang Mempengaruhi Ibu Hamil Merasa Mual

 

Cerclerouge.org – Terkadang seorang wanita hamil akan mengalami anemia atau kurang arah sehingga menyebabkan tubuhnya menjadi lemas dan mudah pusing. Dan untuk mengatasi hal tersebut biasanya bidan memberikan resep obat asam folat untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Tetapi ada juga ibu hamil yang diberi asam folat tetapi justru membuatnya menjadi mual bahkan muntah apalagi pada masa awal kehamilan dari 0-12 minggu pertama.

Seorang perwakilan Ikata Dokter Indonesia, dr. Ulul Albab menyatakan asam folat yang diberikan pada ibu hamil kemudia dia merasa mual sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adanya masalah pada sistem pencernaan sebelum masa kehamilan, masalah sitem pencernaan ini bukan hanya mengalami sakit maag saja.

Selanjutnya, bisa saja adanya campuran dari makanan dan minuman yang tidak sesuai dan dikonsumsi secara bersamaan dengan asam folat. Tidak hanya itu, cara mengkonumsi asam folat pun dapat menjadi salah satu faktor penyebabnya.

“Kalau biasanya obat diminum sebelum makan, yang menyebabkan pasien makin muntah. Solusinya, asam folat bisa diminum bersamaan ketika makan. Meskipun penyerapan obat akan lebih lama, paling tidak mengurangi asam lambung naik. Itu tidak masalah,” kata dr. Albab ketika ditemui pada acara Dampak Gangguan Saluran Cerna dan Anemia pada Kehamilan di Gedung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Sabtu (15/7/2017) kemarin.

Selain itu, adanya obat yang dikonsumsi secara bersamaan dengan asam folat juga dapat menyebabkan mual dan muntah bagi yang mengkonsumsinya.