Jangan Sembarangan Memakai Makeup Di Sekitar Mata

 

 

Cerclerouge.org – Salah satu area wajah yang sangat sensitif adalah area mata, seperti diungkapkan oleh ahli kulit dr Idu Martins sebaiknya wanita tidak mengaplikasikan makeup terlalu berlebihan. Gunakan makeup pada area sekitar mata seperlunya saja karena bila terlalu berlebihan dapat membahayakan kulit termasuk mata.

“Bahan kimia yang terdapat pada pensil alis, eyeliner, mascara, dan lainnya karena menyebabkan masalah mata yang serius bila tidak dibersihkan dengan benar,” kata dr. Martin.

Tetapi, tidak hanya mengaplikasikan makeup yang dapat membahayakan mata kita. Berikut ini hal-hal yang dapat membahayakan area mata kita.

1. Menggunakan eyeliner dekat dengan kelopak mata bawah

Bila kalian sering mengaplikasikan eyeliner pada bagian bawah kelopak mata. Pengaplikasian ini cukup berbahaya karena eyeliner dapat bercampur dengan air mata, partikel pada lensa kontak dan bercampur dengan bakteri. Untuk mencegah hal tersebut terjadi sebaiknya gunakan eyeliner pada luar kelopak mata.

2. Menggunakan makeup ketika tidur

Banyak sekali wanita yang sering tidak membersihkan makeup ketika hendak tidur. Hal tersebut dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit wajah sehingga menimbulkan berbagai macam masalah seperti iritasi, jerawat dan lainnya. Oleh karena itu, kalian harus memastikan terlebih dahulu makeup sudah bersih ketika hendak tidur.

3. Menggunakan obat tetes mata berlebihan

Ketika mata memerah umumnya orang akan menggunakan obat tetes mata untuk mengatasinya. Tetapi sebaiknya kalian jangan terlalu banyak menggunakan obat tetes mata karena dapat mengganggu pembuluh darah.

4. Gunakan kacamata hitam ketika cuaca dingin

Meskipun sedang hujan atau berada pada cuaca yang sangat dingin, bukan berarti kalian terhindar dari pancaran sinar matahari. Sebaiknya kalian tetap mengenakan kacamata hitam untuk mencegah potensi kerusakan pada area mata. Bila hal tersebut dibiarkan, lama kelamaan dapat menyebabkan katarak, kanker kulit, hingga luka bakar pada bagian kornea mata.