Kegemaran Merias Wajah Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

 

 

Cerclerouge.org – Bagi kalian yang hobi atau gemar berdandan maka beruntunglah karena orang yang memiliki kebiasaan berdandan dapat menyehatkan mentalnya. Pemakaian makeup ternyata tidak hanya dapat menopang penampilan seseorang. Tidak hanya akan memberi rasa percaya diri bagi mereka yang suka berdandan akan memiliki banyak manfaat dari kegemarannya tersebut.

Perasaan yang muncul setelah bermakeup dan melakukan perawatan wajah akan menjadi cara untuk menyimbolkan ekspresi diri terlebih bila menjumpai keadaan yang sulit.

Pada laman Reddit, sejumlah ‘pecandu makeup’ akan membagikan pengalaman bagaimana mereka menghadapi berita mengenai kesehatan mental seperti stres, depresi, kecemasan.

Misalnya Gotohela, yang terbiasa berkembang dengan pola asuh yang terlalu banyak mengontrol kemudian dia senang membeli produk perawatan kulit serta makeup.

“Secara umum, itu memberi saya sebuah kendali yang tidak pernah dimiliki sebelumnya,” ungkapnya.

Perihal lain juga dikatakan oleh anggota laman tersebut. Sebelumnya, dirinya merasa kurang nyaman sengan kulit serta bentuk tubuhnya, “Sekarang, mengeksplorasi make-up membuat saya bisa menerima diri apa adanya”.

Manfaat merias wajah juga dibenarkan oleh seorang pakar citra tubuh dan terapis, Temimah Zucker. Dia setuju dengan melakukan beragam rutinitas kecantikan akan meningkatkan kesehatan mental seseorang.

“Make-up bisa bermakna. Warna lipstik yang bold, bisa mewakili seberapa kuat kata-kata dan pikiran. Hal lain, mungkin saja concealer bukan cuma untuk menyamarkan noda hitam, melainkan “menyadarkan” bahwa sebagian orang tidak bisa melihat diri kita apa adanya,” tambahnya.

Tidak hanya membuat orang menerima dirinya sendiri, kreativitas berias juga dapat menjadi tempat meluapkan suasana hati yang cukup efektif. Dengan membuat tampilan yang beda dari yang lainnya, memadukan warna atau menjajal tren-tren baru merupakan hal yang dibutuhkan untuk menghadapi gangguan mental.