Operasi Tumor Otak Dengan Metode Keyhole Bagi Tumor Ikuran Besar

 

 

Cerclerouge.org – Metode operasi keyhole atau operasi lubang kunci yang digunakan dalam operasi tumor otak yang tidak berlaku bagi bentuk tumor otak yang berukuran kecil atau berdiameter dari satu hingga empat centimeter). Bantuk tumor otak yang ukurannya besar dengan diameter lebih dari 4 cm juga masih bisa diterapkan metode keyhole atau menyayat lewat alis mata.

dr. Agus C Anab, SpBS seorang dokter spesialis bedah saraf dari tim medis Comprehensive Brain and Spine Centre (CBSC) Indonesia menjelaskan mengenai masalah tersebut.

“Ukuran tumor yang besar juga bisa menggunakan metode keyhole. Itu diambilnya sedikit-sedikit, per milimeter. Secara teknik sama dengan pengambilan tumor yang ukurannya kecil. Diambilnya tetap sedikit-sedikit,” jelasnya dr. Agus C Anab, SpBS. di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta.

cara mengangkat tumor yang dilakuakn secara perlahan atau sedikit demi sedikit itu bermanfaat untuk melindungi saraf otak yang ada disekitarnya.

“Operasi tumor otak itu terbilang sangat sulit. Tersenggol sedikit saja sarafnya bisa berbahaya. Otak bisa terkena gangguan (kinerja otak tidak seimbang),” tambahnya.

Baik tumor jinak maupun tumor ganas dapat menggunakan metode keyhole, tetapi terdapat hal yang membedakan pengangkatan tumor jinak serta tumor ganas.

“Tumor ganas itu justru lebih mudah diangkat. Teksturnya lebih soft (halus). Bahkan disedot saja juga mudah. Kalau tumor jinak masih menempel di area otak,” kata dr. Agus C Anab, SpBS.

Durasi operasi juga dipengaruhi oleh tekstur tumor yang berbeda-beda. pengangkatan tumor jinak dapat membutuhkan waktu hingga 4 jam sedangkan tumor ganas lebih dapat lebih cepat.