Makanan Tradisional Banyak Mengandung Gizi Baik Bagi Kesehatan Tubuh

 

 

Cerclerouge.org – Makanan tradisional ternyata mempunyai nilai gizi yang tinggi, seperti misalnya gatot. Yaitu makanan yang dibuat dari ubi kayu dan merupakan salah satu makanan khas tradisional Gunung Kidul, Yogyakarta.

Dari sebuah penelitian, gatot ternyata diketahui mempunyai kandungan zat prebiotik. Dimana ketika mengkonsumsi gatot maka tubuh akan mengembangkan bakteri sehat pada usus. Tidak hanya itu, gatot juga merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber karbohidrat untuk energi dan juga berguna untuk menurunkan kolesterol tubuh.

“Namun, untuk penambah gizi agar lebih seimbang, masyarakat juga bisa diperkenalkan dengan makanan lain, seperti ikan. Jadi, makanan yang dimakan lebih banyak gizinya,” ungkap Kepala Badan Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan Siswanto di Shangri-La Hotel Jakarta.

Bukan hanya gatot saja, Siswanto juga mengatakan bahwa daun kelor juga memiliki kandungan zat gizi mikro yang apabila dikonsumsi juga akan berguna bagi kesehatan tubuh. Biaanya daun kelor banyak ditemukan di daerah Nusa Tenggara Timur.

Daun kelor dapat dijadikan untuk beragam makanan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup ekonomis. dari kandungan gizi pada makanan tradisional yang ada akan membantu melindungi supaya masyarakat tetap terjaga kesehatannya. Tetapi kalian juga tetap harus memperhatikan faktor lain seperti keberihan bahan makanan dan lain sebagainya.