Penyebab Tanda Penuaan Pada Bagian Leher

 

 

Cerclerouge.org – Tanda penuaan memang kerap muncul meskipun masih dalam usia muda bila tidak melakukan perawatan kulit dengan tepat. Tanda penuaan akan pada umumnya dapat terlihat pada bagian wajah, misalnya keriput, garis halus. Tetapi bukan hanya pada area wajah saja, pada bagian leher juga dapat terlihat tanda penuaan.

Banyak orang yang mengabaikan perawatan kulit pada area leher sehingga bagian tersebut sering terlihat tanda penuaan dini seperti adanya garus halus pada sekeliling leher dan juga tekstur kulit yang menggelambir.

Penyebab kondisi tersebut bukan hanya karena adanya proses penuaan secara alami tetapi tanda penuaan tersebut dapat terjadi karena adanya kesalahan dalam menggunakan produk perawatan kulit seperti pembersih, krim ataupun serum wajah.

“Penyebab garis-garis halus di leher sama dengan faktor penyebab keriput pada area wajah lainnya. Melemahnya pondasi kulit diiringi dengan melemahnya konstruksi otot bawah kulit sehingga kulit leher terlipat dan mengerut seiring berjalannya waktu,” kata ahli dermatologi dari New York, AS, Dr Joshua Zeichner, M.D.

Tidak hanya itu, jangan pula mengabaikan pemakaian ponsel terlalu lama sambil menundukkan kepala karena akan memperparah lipatan pada leher.

“Semakin sering kita terikat dengan aktivitas yang memicu lipatan leher, semakin cepat garis-garis halus dan keriput muncul. Meningkatnya penggunaan smarphone merupakan pemicu fenomena yang dikenal sebagai tech neck. Kita lebih sering menunduklan kepala ke bawah sekarang. Ini lah yang menyebabkan peningkatan keriput pada leher yang sering kita lihat pada anak-anak muda,” jelasnya.

Tetapi kejadian tech neck bukanlah satu-satunya faktor yang menyebabkan adanya tanda penuaan pada leher. Karena masih banyak penyebab lain seperti kebiasaan merokok, pancaran sinar matahari secraa langsung, ataupun warna kulit. Untuk itu, dia menganjurkan untuk menggunakan krim anti aging pada area leher serta ketika pagi hari saat akan melakukan aktivitas selalu menggunakan tabir sueya.