Lakukan Hal Ini Pada Saat Bulan Suci Ramadan Demi Kesehatan Kulit

Cerclerouge.org – Bulan yang ditunggu oleh para umat manusia yang beragama Islam hanya tinggal beberapa hari lagi. Untuk bulan Ramadhan tahun ini sepertinya terlihat akan leih menantang lantaran para umat muslim akan berpuasa di panasnya terik matahari.

Tidak hanya berpuasa menahan haus dan lapar, para muslim juga harus memperhatikan bagaimana nantinya kulit kita pasti akan semakin kering saat kita berpuasa.

Pada saat badan kita berpuasa, asupan makanan dan juga minuman akan sangat berkurang sangat banyak tidak seperti hari biasanya. Tidak jarang, keadaan kulit akan jauh lebih kering. Apalagi ditambah dengan cuaca yang sekarang ini sedang sangat panas-panasnya. Kulit biasanya akan lebih terlihat kusam lantaran kurang cairan yang masuk kedalam tubuh.

Dokter pemerhati kesehatan kulit biomedik kekhususan anti-aging, dr. Ariana Suryadewi berbagi tips menjaga kulit akan tetap lembap saat berpuasa di musim panas. Ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, berikut tips dari dr. Ariana.

1. Minum air putih

Saat sahur dan berbuka, adalah kesempatan kita untuk meminum air putih sebanyak-banyaknya. Sumber kelembapan kulit tetap berasal dari air putih, jadi maksimalkan minum air putih saat sahur dan berbuka.

“Banyak minum air putih saat sahur bikin lebih cepat haus? Itu mitos,” ungkap dr. Ariana Suryadewi.

2. Makan buah dan sayur

Nutrisi dari dalam tak kalah pentingnya dari nutrisi dari luar. Perbanyak makan buah dan sayur saat sahur dan berbuka. Dokter Ariana menyarankan para wanita untuk mengonsumsi buah setelah terawih. Selain menutrisi kulit, badan juga akan terasa lebih segar.

3. Perhatikan pencuci wajah

Banyak yang berpikir mencuci wajah dengan sering akan membersihkan kulit dengan baik. Padahal, pembersihan wajah yang berlebihan akan mengurangi kelembapan kulit. Terutama pembersih wajah yang memiliki kandungan cukup keras.

Perhatikan PH yang terkadung pada facial wash yang Anda pakai. PH normal kulit wajah berkisar antara 5-6. Jadi, facial wash yang dipilih juga sebaiknya berada pada kisaran PH tersebut. Jika PH-nya tinggi bisa lebih mudah membuat kulit jadi sensitif, jerawat, bahkan kering.

4. Memakai pelembab

Menutrisi kulit dari luar juga jangan sampai terlewatkan. Gunakan pelembab yang cocok untuk kulit wajahmu. Baik kulit kering maupun berminyak sama-sama membutuhkan pelembab. Banyak orang yang berpikir kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab, padahal itu salah besar.

5. Memakai sunscreen

Proteksi kulit wajah seoptimal mungkin. Sinar UVA dan UVB dari sinar matahari tidak hanya bisa membuat kulit kusam tapi juga bisa mempercepat gejala penuaan. Gunakan sunscreen dengan jumlah SPF sesuai dengan aktivitasmu.